Kamis, 26 Februari 2009

Cimulya Desaku

Cimulya adalah sebuah desa berada di kabupaten Kuningan Jabar, kecamatan Cimahi. Desaku itu berada dibawah kaki Puncak Manik yang dulunya sangat subur, hijau dan indah. Cimulya itu sendiri merupakan daerah pegunungan berlembah dan berbukit, rumah-rumah penduduknya berada dibukit-bukit, lembahnya dihubungkan oleh jembatan yang disebut brug, yah! nanjak mudun gitu...

Cimulya berbatasan dengan desa Gunungsari sebelah tenggara itupun melewati hutan yang cukup luas sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan desaSukadana kalau sebelah utaranya hutan dan persawahan sangat luas baru deh ada desa lagi kalau ngga salah desa Dukubadag. Pokoknya kampung banget tapi hebatnya mereka sejak dulu sangat peduli terhadap pendidikan. Meskipun sekolah SMPnya harus ke Cibingbin yang jaraknya kurang lebih 5 km mereka pulang pergi jalan kaki, untug sekarang sudah ada sekolah SMP itupun baru tahun 2007.

Mata pencaharian penduduknya mayoritas petani dan banyak juga yang merantau ke Jakarta menjadi pekerja bangunan tapi kalau warga yang sudah menetap di Jakarta mayoritas Pegawai Negeri seperti Guru danTNI. Yah...untungnya mereka peduli terhadap kampungnya. Orang sunda bilang inget ka Purwadaksina.

Sedangkan puncak Manik merupakan tempat para leluhur kami terdahulu, konon katanya disitu dulunya ada beberapa keluarga yang kemudian mereka turun gunung, berpencar dan akhirnya menjadi desa Cimulya, Gunungsari, Dogdog, Sukadana dan Cimahi. Dulu Puncak Manik itu merupakan pegunungan yang hijau, subur dan terdapat sumber mata air yang mengalir dan menghidupi penduduk di sekitarnya. kok tau? kan saya pernah tinggal disana selama 6 tahun ikut nenekku Orang tuaku menitipkan aku karena mereka bekerja dan aku punya adik bayi, aduh.. kacian deh lho...

Tahun 1976 saya beserta rombongan dari SD Cimulya (tempatku sekolah) mengadakan kemah dan berjiarah ke puncak Manik itu. Pernah kesana lagi ketika saya liburan Kls 2 SPG bersama saudara-saudaraku Anah, Icih, Dalis, mang Tarja, mang Cuswa, bi Eem.
Untuk sementara itu dulu yang dapat aku sampaikan tentang Cimulya. Besok dilanjut...by...

2 komentar:

rasid maulana sidiq mengatakan...

ikut berkomentar nih! saya dari blog komunitas puncak manik sangat senang membaca desaku cimulya. bergabunglah dengan aku blog komunitas puncak manik yang memuat sejarah puncak manik dan mari kita sempurnakan demi keharuman desa kita.

UUN mengatakan...

makasih mang Rasid. dah lama nih fakum...maklum sibuk. Ada cerita baru? bagi" dong...